Strategi promosi adalah kegiatan yang direncanakan secara fundamental dengan tujuan untuk memberikan informasi dan mempengaruhi konsumensehingga dapat mencapi tujuan promosi yaitu terjadinya pembelian atas produk yang ditawarkan. Dalam upaya meningkatkan minat masyarakat khususnya calon peserta didik yaitu dengan menerapkan strategi bauran promosi. Metode-metode bauran promosi meliputi periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tentang strategi bauran promosi yang diterapkan SMA Perintis 2 Bandar Lampung dalam meningkatkan minat calon peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapanstrategi bauran promosi yang dilakukan SMA Perintis 2 Bandar Lampung mampu meningkatkan minat calon peserta didik. Terbukti adanya data peningkatan jumlah peserta didik setiap tahunnya. Adapun strategi yang digunakan yaitu dengan pelaksanaan bauran promosi melalui: periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Dari beberapa bauran promosi tersebut, periklanan menjadi salah satu strategi yang sering digunakan dengan memanfaatkan berbagai media online seperti Website, Youtube, Instagram, dan Facebook.Kata Kunci : Bauran Promosi, Minat Calon Peserta Didik
©2024 Repository Saburai. All rights reserved