Di era perdagangan bebas saat ini, perusahaan khususnya perbankan menghadapi persaingan yang ketat sehingga memerlukan fokus pada kebutuhan konsumen. Untuk berkembang, bank harus melampaui ekspektasi nasabah dengan menawarkan layanan yang lebih unggul dibandingkan pesaingnya. Hanya mereka yang memiliki produk berkualitas tinggi yang dapat mendominasi pasar. Perkembangan global yang pesat, didorong oleh ilmu pengetahuan dan teknologi, memperketat persaingan ini, mendorong bank untuk terus meningkatkan penawaran mereka untuk mempertahankan posisi pasar. Untuk memenangkan kompetisi ini, bank harus mengutamakan kepuasan nasabah di atas segalanya.Pada penelitian ini digunakan menggunakan metode analisis kualitatifmenggunakan rumus slovin. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat pengaruh Sarana Prasarana (X1) terhadap Kepuasan Layanan (Y) pekerja pada PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung melalui uji t sebesar = 5.910 > t tabel 1.662. Besarnya hubungan antara Sarana Prasarana dan Kepuasan Layanan sebesar 0,828 (Sangat Kuat) sedangkan besarnya pengaruh/Koefisien Determinasi (KD) Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Layanan sebesar 68,6%, sedangkan sisanya sebesar 31,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Terdapat pengaruh Kualitas SDM terhadap Kepuasan Layanan pekerja pada PT. Bank Pembangunan Daerah Lampung adalah 0,936 termasuk dalam kategori Sangat Kuat. Besarnya pengaruh Sarana Prasarana dan Kualitas SDM secara bersama-sama terhadap Kepuasan Layanan sebesar 87,6% dan sisanya sebesar 12,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Besarnya hubungan Sarana Prasarana dan Kualitas SDM terhadap Kepuasan Layanan adalah 0,939 (Sangat Kuat). Kata Kunci : Bank, Nasabah, Sarana dan Prasarana.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved