PENGARUH LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (BALITBANGDA) KABUPATEN PESAWARAN

Keadaan lingkungan kerja di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Kabupaten Pesawaran belum mendukung pegawai untuk bekerja dengan nyaman, itu terlihat dengan ada banyaknya file-file yang berserakan disekitar tempat kerja pegawai, suhu ruangan yang belum menentu hampir diseluruh ruang kerja pegawai yang disebabkan belum tersedianya pengatur suhu ruangan, luas ruang kerja yang kurang memadai sehingga membatasi ruang gerak pegawai. Kinerja pegawai pada Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Kabupaten Pesawaran masih rendah terlihat dari frekwensi pegawai yang tidak hadir dan terlambat datang. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Kabupaten Pesawaran.

 Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden pegawai Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbangda) Kabupaten Pesawaran.sebanyak 32 orang. Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode regresi linier sederhana.

Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Uji hipotesis melalui uji t (test) diperoleh nilai thitung antara antara Lingkungan Kerja (X) dengan Variabel Kinerja Pegawai (Y) sebesar = 9,395 dan thitung 9,395 > ttabel 1,694 sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa Lingkungan Kerja (X) memberikan kontribusi dalam meningkatkan Kinerja Pegawai (Y). Kontribusi (R Square ) sebesar 0.746 berarti Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai sebesar 74,60 %, sedangkan sisanya  ditentukan oleh variabel lain.

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved