199. PENGARUH KEMAMPUAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN PESISIR BARAT

 

Keberhasilan dan kesuksesan kinerja suatu lembaga ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya. Keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh kemampuan yang dimilikinya karena sumber daya manusia merupakan aset yang paling vital dalam organisasi. Selain kemampuan sumber daya manusia, sarana prasarana adalah salah satu faktor penting lainnya yang sangat berkontribusi terhadap peningkatan kinerja pegawai dalam suatu organisasi. Sarana Prasarana merupakan alat penunjang yang berperan penting bagi para pegawai dalam menunjang pekerjaannya. Dengan adanya sarana prasarana yang menunjang, tugas dari pegawai dapat diselesaikan dengan baik, sehingga organisasi dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efesien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan sumber daya manusia dan sarana prasarana terhadap kinerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Barat. 
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada. Penelitian ini menggunakan 19 responden penelitian.   Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh Kemampuan SDM (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 57,5%. Terdapat pengaruh Sarana Prasarana (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 57,4%. Terdapat pengaruh Kemampuan SDM (X1) dan Sarana Prasarana (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 58,3%.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved