198.PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PRINGSEWU


2023

RAKHMAN HAKIM



Disiplin kerja yang kondusif akan meningkatkan kinerja yang dapat ditunjukkan dengan tingginya retensi pegawai. Pegawai akan terlingkungan untuk melakukan setiap pekerjaan dengan baik. Faktor selanjutnya yang mempengaruhi kinerja yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja. Untuk meningkatkan kinerja, perlu adanya lingkungan yang tinggi dalam diri pegawai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pringsewu.
 
Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 66 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1) dan 1(satu) variabel terikat dimana disiplin kerja (X1 dan X2) dan lingkungan kerja (X2) sebagai variabel bebas dan prestasi kerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat.
 
Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh disiplin kerja (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 32,7%. Terdapat pengaruh lingkungan kerja (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 62,3%. Terdapat pengaruh disiplin kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2
) secara bersama-samaterhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 63,4%. 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved