197. PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KEPOLISIAN DALAM UPAYA MELAYANI PENGADUAN MASYARAKAT DI POLDA LAMPUNG


2023

DESI ZULKARNAIN



 
Kurangnya kualitas kinerja pegawai yang professional untuk pencapaian visi dan misi, maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat mengikutsertakan pegawainya untuk mengikuti pengembangan melalui pendidikan dan pelatihan. Melihat kurangnya sumber daya manusia yang terlatih, jumlah tenaga ahli bidang tertentu belum terpenuhi, penyelesaian laporan hasil pemeriksaan tidak tepat waktu, kurangnya kedisiplinan pegawai setelah pengembangan dilakukan, Maka pengembangan yang dilakukan tidak terlalu meningkatkan kinerja pegawai karena masih terdapat beberapa kelemahan,
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan sumber daya manusia dan kualitas terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat. 

Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 31 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1(satu) variabel terikat dimana pengembangan SDM (X1 dan X2) dan kualitas (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat.
 
Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh pengembangan SDM (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 22,7%. Terdapat pengaruh kualitas (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 53,9%. Terdapat pengaruh pengembangan SDM (X1) dan kualitas (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 67,9%.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved