196. PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PENGAWASAN MELEKAT TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PRINGSEWU


2023

NILA SUSILA WARDANI



 
Hasil pengamatan penulis pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu, ditemukan fakta bahwa kinerja pegawai masih belum berada di titik maksimal. Hal inidiindikasikan dengan adanyaSasaran Kegiatan yang tidak tercapai sebagaimana yang telah direncanakan. Permasalahan lemahnya kinerja pegawaiini diyakini sebagai dampak dari faktor kompetensi sumber daya manusia dan pengawasan melekat yang belum berjalan sebagaimana mestinya. Kompetensi belum mendapat perhatian serius, terlihat dari masih ada pegawai memiliki latar belakang pendidikan yang tidak sesuai dengan beban kerjanya. Pengawasan melekat masih belum maksimal, terlihat dari sikap atasan yang kurang menaruh perhatian kepada bawahannya yang berperilaku kontra produktif saat berada di kantor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan pengawasan melekat terhadap kinerja pegawai. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan pengawasan melekat baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja pegawai. 
Sampel pada penelitian ini berjumlah 45 orang pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. 
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia secara parsialberpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 52,8%.Pengawasan melekat berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 38,7%. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia dan pengawasan melekatsecara bersamasama berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 58,3%, sedangkan sisanya sebesar 41,7% merupakan variasi variabel lain di luar penelitian ini.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved