192. PENGARUH PELAYANAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU PELAYANAN PEGAWAI DI DINAS PEMUDA, OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT


2023

DEKA LIANURMALA




Pelayanan pada sebuah organisasi dapat dipengaruhi faktor Sumber Daya Manusia. Peran Sumber Daya Manusia (Pegawai Negeri Sipil) sangat penting dalam melakukan pelayanan yang berhubungan secara langsung dengan masyarakat. Para pegawai diharapkan dapat bertanggung jawab atas pekerjaan mereka yang didukung oleh kondisi tertentu yang berkaitan dengan motivasi kerja.

Fenomena yang terjadi di Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tulang Bawang Barat , adalah kurang optimalnya pelayanan dan motivasi kerja secara keseluruhan sehingga tidak menampilkan mutu pelayanan terbaiknya.
 
Kondisi faktual tentang lemahnya pelayanan dan  motivasi kerja ini diduga berdampak langsung kepada tingkat mutu pelayanan yang ditampilkan oleh pegawai.  Mutu pelayanan  pegawai yang  belum optimal, terlihat dari masih adanya  mutu pelayanan yang  tidak tercapai sesuai dengan perencanaan. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan dan motivasi kerja terhadap mutu pelayanan pegawai. 

Untuk hasil uji koefisien determinasi menunjukkan secara bersama-sama bahwapengaruh Pelayanan dan Motivasi Kerja terhadap Mutu Pelayanan pada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah 0,815 atau pengaruh pelayanan dan motivasi terhadap mutu pelayanan sebesar 81,5 persen. 
Hasil Perhitungan Uji F Memperoleh hasil 72,694 jauh lebih besar dari nilai F 3,259.Persamaan Regresi berganda antara Pelayanan dan Motivasi Kerja dengan Mutu Pelayanan adalah Y= - 0,916+0,217 X1 + 0,781 X2 Besarnya Pengaruh Pelayanan dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Mutu Pelayanan sebesar 81,5% dan sisanya sebesar 18,5% dipengaruhi oleh faktor penelitian.Besarnya hubungan Pelayanan dan Motivasi Kerja terhadap Mutu Pelayanan adalah 0,903(termasukdalam katagori sangat kuat). 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved