190. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KHARISMATIK DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL PROVINSI LAMPUNG

 
Sumber daya manusia memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu organisasi, terutama bila dibandingkan dengan sumber daya lainnya. Melalui potensi yang dimiliki oleh manusia, organisasi dapat mencapai kesuksesan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian sumber daya manusia dapat dikatakan sebagai faktor penentu keberhasilan dalam organisasi dalam mencapai tujuan. Organisasi dan pegawai merupakan dua hal yang saling membutuhkan. Jika pegawai berhasil membawa kemajuan pada suatu instansi, maka keuntungannya akan diperoleh kedua pihak. Bagi pegawai, keberhasilan merupakan aktualisasi potensi diri sekaligus peluang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sedangkan bagi suatu instansi, keberhasilan merupakan sarana menuju pertumbuhan dan perkembangan suatu instansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kharismatik dan pengembangan SDM terhadap kinerja pegawai pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Lampung. 
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 30 responden penelitian. Ada  tiga variabel dalam penelitian ini. 
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh variabel gaya kepemimpinan kharismatik (X1) terhadap variabel kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 28,6%.
Terdapat pengaruh variabel pengembangan SDM (X2) terhadap variabel kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 24,9%. Terdapat pengaruh variabel gaya kepemimpinan kharismatik (X1) dan variabel pengembangan SDM (X2)
secara bersama-sama terhadap variabel kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 30,5%.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved