178. PENGARUH KOMPETENSI DAN DISIPLIN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK KABUPATEN LAMPUNG TENGAH


2022

AWALUDDIN AL FATH TUSIN SAYIH



 

 

Reformasi dalam melakukan berbagai kegiatan perbaikan pelayanan diharapkan dapat berorientasi  pada kepuasan masyarakat.  Kondisi yang ada di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Lampung Tengah, antara lain, kinerja pegawai rendah, hal ini terlihat dari target indikator kinerja utama pada Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik yang tidak memenuhi target. 
Kompetensi adalah kemampuan individu untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan memiliki keunggulan. Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.
Kinerja adalah hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang dicapai oleh seseorang dalam melakukan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.
 Penelitian ini bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada. Penelitian ini menggunakan 41 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Kompetensi Teknis (X1) dan Disiplin (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat. 
Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Kompetensi Teknis (X1) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 17 %. Terdapat pengaruh Disiplin (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 10,2 %. Terdapat pengaruh antara Kompetensi Teknis (X1), dan Disiplin(X2) bersama-sama terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar  19,2 %. Variabel Kompetensi Teknis yang perlu mendapat perhatian adalah item  pernyataan mengenai “Saya memiliki latar belakang pendidikan yang relevan dengan posisi saya bekerja”. Variabel Disiplin yang perlu mendapat perhatian adalah item pernyataan “Dalam menegur, pimpinan selalu menggunakan kata-kata yang baik”. Variabel Kinerja Pegawai, yang perlu mendapat perhatian untuk peningkatan kinerja pegawai adalah mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai standar yang ditetapkan. 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved