177. PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PENGADILAN AGAMA PRINGSEWU


2022

INDAH WAHYUNINGSIH



 
Sumber daya manusia mempunyai peranan penting bagi organisasi karena sumber daya manusia sebagai pengelola sistem, agar sistem ini tetap berjalan, tentu dalam pengelolaannya harus memperhatikan aspek-aspek penting seperti kompetensi, komunikasi, disiplin, pendidikan dan latihan serta tingkat kenyamanan bekerja sehingga pegawai yang bersangkutan dapat terdorong untuk memberikan segala kemampuan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh organisasi.
Kompetensi adalah kemampuan seorang pegawai dalam melaksanakan tugas. Komunikasi yang terjadi didalam suatu organisasi nantinya juga akan mempengaruhi kegiatan organisasi, seperti efisiensi kerja, efektivitas kerja, kinerja karyawan dan organisasi. Kinerja adalah hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi SDM dan komunikasi terhadap kinerja pegawai pada Pengadilan Agama Pringsewu. Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan 37 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1
 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kompetensi SDM (X1) dan komunikasi (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat. 
Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kompetensi (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 43% Terdapat pengaruh ) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 42,8%. Terdapat pengaruh kompetensi (X1 komunikasi (X2 ) dan komunikasi (X2) secara bersamasama terhadap kinerja pegawai(Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 50,9%.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved