171. PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR (OCB) GURU PADA MTs NEGERI 1 LAMPUNG BARAT


Sarana prasarana pendidikan sebagai salah satu penunjang keberhasilan pendidikan karena sangat berpengaruh dalam kelancaran proses belajar mengajar,karena disamping menjadi lebih nyaman, juga sekaligus menjadi media pembelajaran dengan peralatan yang harus disesuaikan termasuk penyediaan fasilitas yang mutlak harus dipenuhi, yang tentunya kesemuanya itu harus sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu dan pengetahuan. Faktor lain yang mempengaruhi Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Guru adalah motivasi kerja. Motivasi kerja merupakan dorongan yang terjadi pada situasi dan lingkungan kerja yang terdapat pada suatu organisasi atau lembaga. Keberhasilan dan kegagalan pendidikan memang sering dikaitkan dengan motivasi kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana dan motivasi kerja terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Guru pada MTs Negeri 1 Lampung Barat.
 
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach), bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada. Penelitian ini menggunakan 42 responden penelitian.  

Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai  ) terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 76,1%. Terdapat pengaruh motivasi kerja (X2 berikut; Terdapat pengaruh sarana prasarana (X1) terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 72,9%. Terdapat pengaruh sarana prasarana (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama terhadap Organizational Citizenship Behaviour (OCB) Guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 76,5%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved