169. PENGARUH PENDIDIKAN PELATIHAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN KESATUAN BANGSAN DAN POLITIK KABUPATEN PESISIR BARAT


2022

YUDI KURNIAWAN



 

 

SDM yang bermutu pada prinsipnya mempunyai kemampuan profesional dan teknikal tertentu yang kehadirannya pada semua lini pekerjaan akan  melahirkan banyak keuntungan. Disiplin kerja yang kondusif akan meningkatkan kinerja yang dapat ditunjukkan dengan tingginya retensi pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan pelatihan dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pesisir Barat.
 
Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory. Penelitian ini menggunakan 32 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1) dan 1(satu) variabel terikat dimana pendidikan pelatihan (X1 dan X2) dan disiplin kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat. 
Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh pendidikan pelatihan (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 22,7%. Terdapat pengaruh disiplin kerja (X2) terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 46,1%.  Terdapat pengaruh pendidikan pelatihan (X1) dan disiplin kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 62%. 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved