411. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI LAMPUNG


2019

Aswin Siswadi



 

 

ABSTRAK

 

 

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR DINAS PEKERJAAN UMUM PROVINSI LAMPUNG

 

 

Oleh

 

ASWIN SISWADI

 

 

Gaya kepemimpinan didalam sebuah organisasi dituntut untuk bisa membuat individu-individu dalam organisasi yang dipimpinnya bisa berperilaku sesuai dengan yang diinginkan oleh pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi. Faktor selanjutnya yang mempengaruhi gaya kepemimpinan pada kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Lampung adalah kinerja pegawai. Pada setiap orang yang bekerja atau dalam suatu kelompok kerja, kinerja selalu diharapkan bisa senantiasa baik kualitas dan kuantitasnya. Untuk mendapatkan hasil itu sendiri haruslah didukung dengan penetapan tujuan dan diawali dengan perencanaan kerja yang rasional.

Tujuan  Penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  berapa  besar  pengaruh Gaya  Kepemimpinan  terhadap  Kinerja Pegawai  pada  Kantor  Dinas Pekerjaan Umum  Provinsi  Lampung.  Penelitian  yang akan  dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif, Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud membuat pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta fakta dan sifat sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan 94 responden penelitian. Ada dua variabel dalam penelitian ini yaitu: variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y), dimana Gaya Kepemimpinan (X) dan Kinerja (Y).

Permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Lampung adalah Apakah  Gaya  Kepemimpinan  berpengaruh terhadap Kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Lampung. Hipotesis yang dirumuskan yaitu Gaya Kepemimpinan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Lampung.

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan (X) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 61,07% yang berarti Gaya Kepemimpinan memberikan pengaruh sebesar 61,07% terhadap Kinerja Pegawai. Dari persamaan regresi Y = 15,514 + 0,624 X dan ini sesuai dengan hasil persamaan regresi bila Gaya Kepemimpinan di tingkat satuan maka akan menghasilkan Kinerja Pegawai sebesar 0,624 satuan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved