409. PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN FRONT OFFICE DI PT. WOM FINANCE CABANG LAMPUNG


2019

APRILIA EKAWATI



 

 

ABSTRAK

PENGARUH PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN FRONT OFFICE DI PT. WOM FINANCE CABANG LAMPUNG

 

Oleh

APRILIA EKAWATI

 

       Kinerja menjadi gambaran mengenai tingkat pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi organisasi yang tertuang dalam strategi perencanaan suatu organisasi. Upaya optimalisasi kinerja karyawan khusus di Bagian Front Office pada obyek penelitian di PT. WOM Finance Cabang Lampung  masih menghadapi beberapa kendala berupa lemahnya lemahnya pencapaian target perusahaan. Permasalahan-permasalahan yang muncul dalam optimalisasi kinerja karyawan ini berkaitan dengan lemahnya pengawasan karyawan dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pengawasan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengawasan terhadap prestasi kerja. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh pengawasan terhadap kinerja karyawan.

       Sampel yang digunakan sebanyak 18 orang karyawan.  Pengolahan data primer dengan pendekatan metode analisis kuantitatif dibantu alat statistik aplikasi program SPSS versi 21.0. untuk perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier sederhana dan uji koefisien determinasi.

       Hasil perhitungan menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis nilai t hitung sebesar 3.978 > t tabel sebesar 1,73 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengawasan berpengaruh positif  terhadap prestasi kerja. Dengan demikian hipotesis yang diajukan pada penelitian ini dapat terbukti, dengan besaran pengaruh variabel pengawasan terhadap kinerja berdasarkan uji determinasi (R2) adalah 0,442 artinya sebesar 44,2% variabel pengawasan mampu menjelaskan variabel prestasi kerja, sedangkan sisanya sebesar 55,8% merupakan pengaruh variabel lain di luar penelitian ini.  


©2024 Repository Saburai. All rights reserved