406. PENGARUH INSENTIF TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TULANG BAWANG


2019

ANDY RACHMAN



 

 

ABSTRAK

 

 

PENGARUH INSENTIF TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN TULANG BAWANG

 

 

Oleh

 

 

 

ANDY RACHMAN

 

 

 

 

Salah  satu  cara  mengoptimalkan  produktivitas  kerja  pegawai  adalah dengan pemberian balas jasa (insentif) secara tidak sengaja diberikan kepada karyawan agar di dalam diri mereka timbul semangat yang lebih besar untuk meningkatkan prestasi kerja sehingga produktivitas kinerjanya meningkat, maka penulis   tertarik   melakukan   penelitian   dengan   judul   Pengaruh   Insentif Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Tulang Bawang ”.

Dengan teori yang digunakan Insentif menurut Yuniarsih dan Suwasto

(dalam M. Kadarisman, 2014) adalah penghargaan/ imbalan yang diberikan untuk memotivasi pekerja/ anggota organisasi agar motivasi dan produktivitas kerjanya tinggi, sifatnya tidak tetap atau sewaktu-waktu. Produkrivitas Kerja menurut Sedarmayanti, (2013 : 57) adalah perbandingan antara hasil yang di capai (output) dengan keseluruhan sumber daya yang di gunakan (input).

Penelitian   ini   dilakukan   di   Dinas   Perhubungan   Kabupaten   Tulang Bawang, yang beralamatkan di Jl. Lintas Sumatera Menggala Selatan, Kabupaten Tulang Bawang.

Hasil  Penelitian  didapatkan  Insentif    memiliki  pengaruh  yang besar yaitu   sebesar   (67,7%)   terhadap   Produktivitas   pada   Dinas   Perhubungan Kabupaten Tulang Bawang. Dari pengolahan data juga didapatkan bahwa masih ada variabel lain tetapi tidak begitu besar pengaruhnya yang belum dimasukkan tetapi memiliki pengaruh pada Produktivitas  sebesar 33.3%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved