405. ANALYSIS OF WORK DISCIPLINE AND JOB DESCRIPTION OF PERFORMANCE OF EMPLOYEES IN BADAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG

 

 

ABSTRAK

 ANALISIS DISIPLIN KERJA DAN URAIAN TUGAS TERHADAP KINERJA PEGAWAI BADAN KEUANGAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG

 

 

Oleh

ANDRIYANI

 

 

         Sumber Daya Manusia yang produktif dapat tercapai apabila pegawai-pegawai  memiliki kemampuan yang luas, disiplin dan memahami apa pekerjaannya dan mengetahui apa–apa yang harus dilaksanakannya. Fenomena  yang terjadi pada Kantor Badan Keuangan Daerah Provinsi Lampung tentang pelaksanaan disiplin masih terasa belum maksimal. Pegawai apabila diberikan tugas yang bukan merupakan tupoksinya tidak dapat menolak, di samping pegawai yang bersangkutan kurang memahami tupoksinya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja   dan uraian tugas   terhadap kinerja .  Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh disiplin kerja   dan uraian tugas   baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja.

Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 24 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi dan uji koefisien determinasi.

Hasil pengujian hipotesis pengaruh disiplin kerja   terhadap kinerja secara parsial menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 38,1%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil uraian tugas   berpengaruh positif  terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 19,1%.  Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan motivasi dan disiplin secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 38,2%, sedangkan sisanya sebesar 61,8% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved