156. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

 

ABSTRAK

 

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA

SMP GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

Oleh

NYATA

 

Gaya Kepemimpinan dalam sebuah organisasi dituntut untuk bisa membuat individu-individu dalam organisasi yang dipimpinnya bisa berperilaku sesuai dengan yang diinginkan oleh pemimpin untuk mencapai tujuan organisasi. Maka dari itu seorang pemimpin haruslah bisa memahami perilaku individu-individu di dalam organisasi yang dipimpinnya untuk bisa menemukan kepemimpinan yang tepat bagi organisasinya. Faktor selanjutnya yang mempengaruhi kinerja guru pada SMP Gajah Mada Bandar Lampung adalah disiplin guru. Dari instansi sendiri juga berperan dalam mengelola gurunya agar mematuhi segala peraturan, norma yang telah ditetapkan oleh sekolahan sehingga para guru bekerja dengan disiplin dan efektif. Fenomena yang terjadi pada SMP Gajah Mada Bandar Lampung adanya beberapa guru yang terlambat hadir menunjukkan bahwa disiplin guru terhadap instansi menurun. Kinerja dan prestasi kerja guru adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman, dan kesungguhan serta waktu.

Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 33 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Disiplin Guru (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Guru (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan hasil analisis data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 22,7 %. Terdapat pengaruh Disiplin Guru (X2) terhadap Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 45,1%. Terdapat pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Disiplin Guru (X2) terhadap Kinerja Guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 54,4%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved