Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan petugas perpustakaan kepada pengunjung perpustakaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Bandar Lampung yang dapat dijadikan pertimbangan untuk sekolah tersebut dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan perpustakaan sehingga dapat menunjang mutu perpustakaan yang baik. Manfaat penelitian ini memberikan masukan khususnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada perpustakaan guna terjadinya peningkatan layanan yang lebih bermutu dan citra sekolah menjadi lebih baik. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian yang diukur berdasarkan indikator standar kualitas pelayanan perpustakaan dalam pelaksanaannya, perpustakaan memiliki beberapa indikator yang sudah dijalankan dengan baik dan ada beberapa indikator yang masih perlu perbaikan dan pengembangan. Kualitas layanan perpustakaan yang diberikan petugas perpustakaan kepada peserta didik selaku pengunjung perpustakaan memiliki kualitas yang baik, berdasarkan hasi penelitian yang dilakukan perpustakaan menggunakan layanan sirkulasi dengan sistem buku besar sedangkan layanan referensi menggunakan sistem terbuka yang membebaskan pengunjung perpustakaan untuk melihat, membaca dan meminjam koleksi yang ada diperpustakaan. Dengan kualitas layanan perpustakaan yang baik ini dapat menunjang mutu perpustakaan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 BandarLampung.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Perpustakaan, Petugas Perpustakaan
©2024 Repository Saburai. All rights reserved