369. PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) PADA DESA NEGERI SAKTI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN


2019

RISKA NOVITA AMALIA SARI



 

 

ABSTRAK

 

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM UPAYA PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES)

PADA DESA NEGERI SAKTI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

 

Oleh :

Riska Novita Amalia Sari

15.63.201.0025

 

            Pemerintah Desa Negeri Sakti membentuk BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi di Desa. Namun, dalam pelaksanaannya masih minim pembinaan dari pemerintah daerah, sehingga munculnya beberapa permasalahan, diantaranya, adalah kurangnya sosialisasi kepada masyarakat, dan masih kurangnya upaya yang dilakukan untuk pengembangan BUMDes.

            Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) pada Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.

            Penelitian ini menggunakan teori partisipasi masyarakat (variabel x) dari  Sumaryadi (2005:46) dan teori pengembangan BUMDes (variabel y) dari Tyson dan Jackson (2001). Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam upaya pengembangan BUMDes sudah ada namun tingkat partisipasinya masih rendah. Karena masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang program BUMDes yang sudah dibentuk serta masih minimnya sosialisasi. Upaya yang dilakukan dalam pengembangan BUMDes masih perlu ditingkatkan dan program yang belum terlaksana agar dapat dijalankan. Fasilitas sarana dan prasarana yang masih terbatas, akses promosi dan pemasaran yang belum dapat memenuhi target.

            Saran yang dapat diberikan yaitu Melakukan sosialisasi lebih merata dan intensif lagi seperti 3 bulan sekali. Meningkatkan program yang sudah didirikan dengan memberikan pelatihan khusus pada pengurus. Meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan akses promosi dan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang dan meningkatkan koordinasi sehingga pemberdayaan dan peran aktif masyarakat dapat ditingkatkan.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved