367. ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI SAMSAT KABUPATEN TANGGAMUS


2019

RATU NADYA ANDINI



 

 

ABSTRAK

ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA

DI SAMSAT KABUPATEN TANGGAMUS

Oleh :

Ratu Nadya Andini

15632010019

 

Kompetensi pegawai dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Tanggamus dilihat dari pengetahuan pegawai dalam memberikan pelayanan masih sangat kurang dalam memberikan informasi kepada wajib pajak ditambah kemampuan pegawai belum maksimal dilakukan seperti membantu wajib pajak dan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor kurang nyaman karena fasilitas  yang  disediakan  tidak  memadai  seperti ruang tunggu sempit, tempat parkir yang kurang luas dan kursi tunggu yang kurang terawat dengan baik, Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kompetensi pegawai dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua pada Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Tanggamus. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana kompetensi pegawai dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua dan  mengetahui pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Tanggamus. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua belum maksimal dikarenakan pengetahuan dan kemampuan pegawai yang masih kurang dilakukan seperti pegawai dalam memberikan informasi sangat minim, pegawai dalam memberikan  pelayanan  mengenai  berkas  dan  persyaratan  sangat  lambat dan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua kurang memadai dikarenakan tidak didukung fasilitas  yang  ada sehingga  pelayanan yang dirasakan masih kurang nyaman seperti kondisi ruang tunggu yang sempit, tempat parkir yang tidak ada atapnya serta kursi tunggu yang tidak terawat.

            Saran hendaknya kepada Samsat Kabupaten Tanggamus khususnya pegawai untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak kendaraan bermotor dengan melakukan bimbingan teknis dan pelatihan dan hendaknya Samsat Kabupaten Tanggamus berbenah dan menambah fasilitas pelayanan yang ada dengan melakukan penambahan ruang tunggu, pembuatan tempat parkir yang luas  dan penambahan kursi tunggu, sehingga wajib pajak merasa nyaman dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di Samsat Kabupaten Tanggamus


©2024 Repository Saburai. All rights reserved