364. ANALISIS MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KECAMATAN TANJUNGKARANG TIMUR


2019

NENENG RAFIAH



 

 

ABSTRAK

ANALISIS MUSYAWARAH  PERENCANAAN PEMBANGUNAN DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI KECAMATAN

TANJUNGKARANG TIMUR

Oleh :

Neneng Rafiah

15632010013

 

Musyawarah perencanaan pembangunan dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Tanjungkarang Timur masih mengalami banyak permasalahan dalam pelaksanaannya, banyaknya usulan sekadar memenuhi list program yang diajukan, tanpa ada jaminan berapa jumlah program yang terakomodasi. Faktanya kurangnya pahamnya masyarakat peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan dalam perencanaan  pembangunan disamping itu masih banyak permasalahan dalam pelaksanaannya seperti banyak usulan  kegiatan yang diajukan pada tahun sebelumnya tidak terealisasi seperti pembuatan jalan lingkungan dan pembuangan air limbah. Banyaknya usulan kegiatan yang tidak direkomendasikan untuk dilaksanakan dikarenakan banyak pihak yang berkepentingan dalam kegiatan tersebut.

            Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan Dalam Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Tanjungkarang Timur. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana Musyawarah Perencanaan Pembangunan dan mengetahui bagaimana Proses Perencanaan Pembangunan di Kecamatan Tanjungkarang Timur. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa pemahaman masyarakat peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan sangat kurang dalam perencanaan pembangunan, dikarenakan masyarakat tidak tahu kegiatan apa yang akan dilaksanakan serta masyarakat tidak punya kemampuan untuk mempengaruhi dalam pembuatan usulan kegiatan, dan tidak ada kesempatan untuk melihat ketepatan dari hasil agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang telah dilakukan dan perencanaan pembangunan  di Kecamatan Tanjungkarang Timur masih rendah, dikarenakan masih mengalami banyak permasalahan dalam pelaksanaannya seperti banyak  usulan  kegiatan yang diajukan pada tahun sebelumnya tidak terealisasi seperti pembuatan jalan lingkungan dan pembuangan air limbah.

Saran hendaknya kepada pihak Kecamatan untuk dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk dapat memberikan usulan kegiatan agar perencanaan pembangunan di Kecamatan Tanjungkarang Timur dapat   dilaksanakan   secara   optimal  dan  masyarakat dapat mudah  dipahami  kegiatan yang akan dilaksanakan dan hendaknya kepada para unsur kecamatan, Bappeda dapat memperioritaskan kepentingan masyarakat agar usulan  kegiatan yang diajukan pada tahun sebelumnya dapat terealisasi seperti pembuatan jalan lingkungan dan pembuangan air limbah.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved