363. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI KESEHATAN DAERAH GENERIK DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN LAMPUNG UTARA (STUDI PADA PUSKESMAS NEGARA RATU KECAMATAN SUNGKAI UTARA KABUPATEN LAMPUNG UTARA)


2019

MUHAMMAD ALDI SATRIADI



 

 

ABSTRAK

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI KESEHATAN DAERAH GENERIK DI WILAYAH KERJA DINAS KESEHATAN LAMPUNG UTARA

(Studi pada Puskesmas Negara Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten

 Lampung Utara)

 

Oleh

M. AldiSatriadi

16632010082.P

 

Sistem Informasi Kesehatan Daerah diKabupaten adalah sebagai bagian sub sistem SIKDAyang ada di provinsi, namun terjadi kemunduran dalam pelaksanaan sistem informasi kesehatan secara nasional, seperti menurunnya kelengkapan dan ketepatan waktu penyampaian data dan profil kesehatan. Dinas Kesehatan Lampung Utara menerapkan SIKDA Generik sejak tahun 2018 dan baru 5 puskesmas yang menerapkannya, sedangkan puskesmas sisanya masih menerapkan sistem pelaporan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan serta efektifitas penggunaan Aplikasi SIKDA Generik di Kabupaten Lampung Utara Tahun 2019

Penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus secara kualitatif. Sampel dalam penelitian ini  menggunakan tekhnik sampling purposive dengan criteria pengambilan sampel yaitu dengan menentukan bahwa informan tersebut dapat memberikan informasi yang diinginkan. Informan pada penelitian ini adalah Kepala Dinas Kesehatan, Operator Dinas Kesehatan, dan 4 orang pemegang program dari puskesmas wilayah kerja Dinas Kesehatan.

Analisis yang dilakukan adalah melakukanan alisaisi (Content Analysis) yaitu dengan membadingkan teori-teori yang ada pada tinjauan pustaka dengan hasil penelitian.Yang berarti dapat disimpulkan bahwa masih rendahnya kualitas Sumber  Daya Manusia dalam pelaksanaan Aplikasi SIKDA Generik sehingga masih dijumpai keterlambatan dalam entry data di Dinas Kesehatan. Tidak adanya pelatihan mengenai penggunaan Aplikasi SIKDA Generik membuat Aplikasi SIKDA baru bias dijalankan di beberapa puskesmas saja. Informan mengatakan Aplikasi SIKDA Generik merupakan suatu program yang baik dan efektif yang dapat mempermudah pekerjaan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved