361. ANALISIS KINERJA PEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DALAM MERUMUSKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA SUKARAJA KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

 

 

ABSTRAK

ANALISIS KINERJA PEGAWAI BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH DALAM MERUMUSKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN  DI DESA SUKARAJA KECAMATAN GEDONG TATAAN  KABUPATEN PESAWARAN

Oleh :

MICCO SONNI

NPM : 15632010012

 

            Kinerja pegawai sangat penting dalam menunjang keberhasilan organisasi yaitu perencanaan pembangunan dimana  pegawai harus mampu melaksanakan tugas dan kewajibanya secara tepat waktu, sesuai tujuan yang diharapkan. Tetapi kenyataanya kinerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran dalam merumuskan perencanaan pembangunan di Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran belum maksimal dilakukan sesuai yang diharapkan dikarenakan kemampuan pegawai yang masih rendah sebagai contoh masih ada pembangunan yang pembangunannya tidak tepat waktu seperti pembangunan jalan dan sarana air bersih di Desa Sukaraja, disamping ada yang tidak tepat sasaran dikarenakan masyarakat desa tidak dilibatkan untuk berpartisipasi dalam merumuskan perencanaan pembangunan dikarenakan pembangunan tidak terfokus kepada kepentingan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana kinerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dalam merumuskan Perencanaan Pembangunan di Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana kinerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dam mengetahui bagaimana Perencanaan Pembangunan di Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif.

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa kinerja pegawai Badan Perencanaan Pembangunan Daerah belum maksimal sesuai yang diharapkan dikarenakan keterbatasan kemampuan dan motivasi pegawai yang masih rendah dan perencanaan pembangunan belum sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan hal ini disebabkan perumusan perencanaan pembangunan tidak terfokus kepada kepentingan masyarakat dan tidak adanya sinergitas diantara Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan keterlibatan masyarakat di Desa Sukaraja.

            Saran  hendakanya  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Pesawaran dapat memberikan izin pendidikan dan pelatihan kepada pegawai untuk dapat meningkatkan kemampuan dan memotivasi dirinya agar kinerja pegawai dapat meningkat dan hendaknya dalam merumuskan perencanaan pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dapat bersinergi dengan masyarakat Desa Sukaraja agar  perencanaan pembangunan yang dibuat terfokus kepada kepentingan masyarakat  sehingga  pembangunan akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved