354. ANALISIS SISTEM INFORMASI KARTU TANDA PENDUDUK DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat)

 

 

ABSTRAK

ANALISIS SISTEM INFORMASI KARTU TANDA PENDUDUK DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK 

(Studi pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil  Kabupaten Pesisir Barat)

Oleh :

HERRY ALBAR

15632010068.P

 

            Permasalahan yang ada pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat menurut pengamatan peneliti diketahui bahwa sistem informasi Kartu Tanda Penduduk yang ada belum berjalan dengan baik seperti pegawai yang kurang menguasai cara kerja sistem tersebut, kualitas pelayanan yang diberikan  pegawai kurang maksimal dikarenakan sarana dan prasarana tidak mendukung serta kurangnya informasi dari pihak Dinas Kependudukan  dan  Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat mengenai sistem informasi kartu tanda penduduk kepada masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Sistem Informasi Kartu Tanda Penduduk Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Tujuan penelitian mengetahui sistem informasi kartu tanda penduduk dan mengetahui Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa sistem informasi Kartu Tanda Penduduk belum berjalan dengan baik, dikarenakan pegawai belum menguasai cara kerja sistem yang ada disamping saraa dan peralatan penunjang terbatas yang disebabkan minimnya anggaran yang ada serta sosialisasi yang kurang dilakukan oleh pegawai dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik diketahui bahwa bukti fisik yang ada belum ada dan yang ada belum diperbaiki, pegawai dalam memberikan pelayanan belum sesuai janji dan akurat, cepat, tepat dan prosedur yang ada belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat dan pegawai belum dapat memahami keinginan masyarakat, hal ini disebabkan pegawai dalam memberikan pelayanan belum memberikan perhatian yang tulus.

Saran hendaknya kepada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus memperhatikan pegawai yang ada, sarana dan prasarana, dana, aturan hukum serta melakukan sosialisasi yang baik, agar Sistem Informasi Kartu Tanda Penduduk dapat berjalan dengan baik dan hendaknya Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Barat lebih memperhatikan dan membenahi bukti fisik, kehandalan pegawai, tanggapan pegawai, jaminan pelayanan serta simpati agar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat menunjang sehingga peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat akan meningkat.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved