350. ANALISIS GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAKSANAAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI KECAMATAN TELUKBETUNG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG


2019

HENI APRIANA



 

 

ABSTRAK

ANALISIS GOOD GOVERNANCE TERHADAP PELAKSANAAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI KECAMATAN TELUKBETUNG BARAT KOTA BANDAR LAMPUNG

 

Oleh :

HENI APRIANA

 

Kecamatan Telukbetung Barat adalah salah satu kecamatan di Kota Bandar Lampung yang telah melaksanakan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang System Perencanaan Pembangunan Nasional. Kecamatan Telukbetung Barat sudah melaksanakan Musrenbang sejak Tahun 2004 hingga sekarang.

Untuk mewujudkan pemerintahan yang baik (goodgovernance) dapat diwujudkan dengan salah satu turunan operasional dari good governance, yaitu multi stakeholder processes atau forum lintas pelaku. Yang menjadi inti dari multi-stakeholder adalah adanya pemerataan, keadilan, prinsip demokrasi, dan adanya partisipasi dari seluruh pihak. Dimana dalam menciptakan good governance melalui multi-stakeholder ini pihak pemerintah, swasta, serta masyarakat harus saling menopang dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Permasalahan yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses perencanaan pembangunan ekonomi di Kecamatan Telukbetung Barat Kota Bandar Lampung. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana good governance di Kecamatan Telukbetung Barat Kota Bandar lampung dan untuk mengetahui pelaksanaan perencanaan pembangunan ekonomi di Kecamatan Telukbetung Barat Kota Bandar Lampung.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan  teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, quesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yang didukung tabel frekwensi dan prosentase.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut : 1) Good governance di Kecamatan Telukbetung Barat Kota Bandar lampung sudah dapat dilaksanakan dengan baik, adapun indikatornya antara lain partisipasi aktif, tegaknya transparansi hukum, transparansi, respontif, berorientasi akan musyawarah untuk mendapatkan mufakat, keadilan dan perlakuan yang sama untuk semua orang, efektif dan ekonomis dan dapat dipertanggungjawabkan. 2) Pelaksanaan perencanaan pembangunan ekonomi di Kecamatan Telukbetung Barat Kota Bandar Lampung sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada kendala yang dimana kendala itu dapat diselesaikan dengan bersama-sama dengan unsur pemerintahan dan masyarakat juga pihak terkait yang berkepentingan dengan perencanan pembangunan ekonomi.

Saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut 1) Hendaknya dalam perencanaan pembangunan ekonomi unsur swasta dalam pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Telukbetung Barat Kota Bandar Lampung diikut sertakan agar pembangunan akan lebih merata hasilnya. 2) Hendaknya peran sektor privat sebagaimana yang telah dimuat dalam Undang-Undang Nomor 25  Tahun 2004 lebih bisa berperan dalam perencanaan pembangunan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved