342. PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI DESA BOGOREJO KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN


2019

ENDANG RIYANTI



 

 

ABSTRAK

PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN DI DESA BOGOREJO KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN

Oleh :

ENDANG  RIYANTI

15632010052

 

            Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Bogorejo dilakukan oleh Pemerintah Desa bersama dengan masyarakat. Pengelolaan BUMDes Bogorejo langsung melibatkan masyarakat diharapkan mampu untuk mendorong perekonomian masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Permasalahan yang ada dalam pengelolaan BUMDes Bogorejo adalah masih ada pengelola BUMDes yang kurang bisa bekerjasama dalam pengembangan dan kelangsungan hidup usahanya, minimnya keterlibatan masyarakat, pegawai yang mengelola masih kurang berpengalaman dan berpendidikan serta fasilitas pendukung yang tidak memadai. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana pengelolaan Badan Usaha Milik Desa Dalam Meningkatkan Perekonomian di Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran.Tujuan penelitian  mengetahui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa dan mengetahui Perekonomian Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokuemtasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa pengelolaan BUMDes Bogorejo masih terkendala kurangnya kerjasama yang dilakukan pengelola, minimnya keterlibatan masyarakat dalam mengelola usaha BUMDes, dan perekonomian desa Bogorejo belum berkembang dalam menjalankan usaha BUMDes, hal ini dikarenakan kurangnya pengalaman pengelola dan fasilitas yang kurang memadai sehingga menjadi kendala berkembangnya usaha BUMDes Bogorejo.

Saran hendaknya  kepada pengelola BUMDes Bogorejo dapat bekerjasama dengan mitra usaha dan melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan melibatkan dalam usaha atau kegiatan BUMDes agar masyarakat dapat mendukung dan berkontribusi dalam pengembangan dan kelangsungan usaha BUMDes dan hendaknya pengelola BUMDes Bogorejo dapat melakukan pelatihan dan bimbingan teknis agar menambah pengalaman dan beusaha menambah fasilitas yang ada sehingga  usaha BUMDes yang ada dapat ditingkatkan dan berkembang dengan baik.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved