341. ANALISIS PENGELOLAAN RETRIBUSI DALAM PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR (Studi Pada Pasar Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus)


2019

DWI FEBRIANTI



 

 

ABSTRAK

ANALISIS PENGELOLAAN RETRIBUSI DALAM PENERIMAAN RETRIBUSI PASAR

(Studi pada Pasar Gisting Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus)

Oleh

Dwi Febrianti

15.63.201.0033

 

Pemungutan adalah suatu rangkaian kegiatan mulai dari penghimpunan data objek dan subjek retribusi, penentuan besarnya retribusi yang terutang sampai kegiatan penagihan retribusi kepada wajib retribusi serta pengawasan penyetoranya. Retribusi daerah adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu khusus disediakan dan atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan , pengenaan sanksi berupa pembayaran bukan merupakan retribusi.

 

Penulis merumuskan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengelolaan retribusi pasar gisting terhadap penerimaan Retribusi pasar’’?

Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui Pengelolaan Retribusi pasar gisting terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tanggamus, untuk mengetahui Penerimaan Retribusi Pasar Gisting, Untuk mengetahui faktor faktor penghambat terhadap pengelolaan Retribusi Pasar Gisting.

Penulis memberikan kesimpulan dalam penelitian ini adalah Hasil penelitian ini bahwa Tidak tercapaianya target penerimaan retribusi pasar pada pasar gisting adalah tingginya target yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus. Dan Fungsi Pengelolaan yang dilakukan oleh Koordinator Satuan Laksana Pasar Gisting masih belum maksimal.

 

Penulis memberikan saran dari penelitian ini adalah Pencapaian target merupakan indikator atau tolak ukur dari sebuah kegiatan maupun pekerjaan suatu organisasi, jadikanlah pencapaian target tersebut suatu acuan untuk lebih dapat meningkatkan kinerja pada kantor atau tempat pelaksanaan tugas serta tidak dijadikan beban dalam pikiran. Fungsi Pengelolaan yang masih belum optimal harus diperbaiki kembali seperti proses Perencanaan, perbaikan data yang ada Pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan dengan Koordinator Satuan Laksana Pasar Gisting, Pengorganisasian pembagian sistem kerja sebaiknya dilakukan penyegaran, dalam pelaksaan petugas penarik salar sebaiknya orang – orang yang kompeten di dalam bidangnya, orang-orang yang memiliki SDM tinggi, dan tentunya orang-orang yang dapat dipercaya dalam menjalankan tugas sehingga dapat mencapai target yang di inginkan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved