337. ANALISIS PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DALAM PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019 (Studi di SMA Negeri 16 Bandar Lampung)


2019

ABI WIRA BHAKTI OKTANSYA



 

 

ABSTRAK

 

ANALISIS PARTISIPASI PEMILIH PEMULA  DALAM PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2019

(Studi di  SMA Negeri 16 Bandar Lampung)

Oleh :

Abi Wira Bhakti Oktansya

NPM : 15632010046

 

            Partisipasi pemilih pemula di Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Bandar Lampung khususnya kelas XI (sebelas) dalam pemilu belum maksimal dilakukan karena dianggap belum memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pemilihan umum serta pemilih pemula dianggap masih berada pada kesadaran dan kepercayaan pilihan politik yang belum jelas. Permasalahan yang ada bagaimana Partisipasi Pemilih Pemula  Dalam Pemilihan Presiden Tahun 2019 Di  SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Tujuan penelitian  mengetahui bagaimana partisipasi pemilih pemula dan  mengetahui pemilihan presiden Tahun 2019 yang dilakukan pemilih pemula di SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif

            Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa partisipasi pemilih pemula di SMA Negeri 16 Bandar Lampung, dalam pemberian suara belum maksimal dilakukan karena dianggap belum memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang pemilihan umum, hal ini dikarenakan partisipasi pemilih pemula dalam pemilihan presiden tahun 2019 di SMA Negeri 16 Bandar Lampung banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti belum memiliki kesiapan yang maksimal dalam menentukan pilihan dan tidak ada persiapan yang khusus, faktor-faktor yang mempengaruhi pemilih dalam menentukan pilihan dipengaruhi oleh visi dan misi ketika terpilih, latar belakang calon (tingkat pendidikan, agama), faktor sosial atau kedekatan calon dengan masyarakat dan kesadaran dan kepercayaan pilihan politik pemilih pemula yang belum jelas.

            Saran hendaknya kepada partai politik pengusung pasangan presdien lebih memberikan sosialisasi atau ada perlakuan khusus bagi pemilih pemula agar mereka punya pengalaman dan pengetahuan tentang pemilihan umum dan hendaknya kepada pemilih pemula di SMA Negeri 16 Bandar Lampung diharapkan lebih ke arah rasional dengan mencari tahu tentang bagaimana latar belakang dari kandidat itu sendiri. Selain itu, kesadaran dalam berpartisipasi yakni partisipasi pemilih pemula diangap harus terus dijaga agar demokrasi dapat terus hidup dan berjalan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved