300. ANALISIS YURIDIS PUTUSAN HAKIM TERHADAP TINDAK PIDANA PELANGGARAN LALU LINTAS KARENA TRANSPORTASI TIDAK LAYAK JALAN BERAKIBAT KEMATIAN (Studi Kasus Perkara Nomor 2134/Pid. LL/2018/PN.Tjk)

 

Kecelakaan lalu lintas dapat disebabkan oleh banyak hal yaitu pengemudi kendaraan yang buruk, pejalan kaki yang kurang hati-hati, jalan rusak yang tidak layak, kerusakan kendaraan yang tidak layak pakai, pengendara yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga terjadinya kecelakaan. Dampak yang diakibatkan dari kecelakan lalu lintas sangatlah merugikan bagi pihak korban. Permasalahanya apa dasar pertimbangan hakim dalam memutus perkara Nomor

2134/Pid.LL/2018/PN.Tjk dan bagaimanakah pelaksanaan putusan pidana pada kasus perkara Nomor 2134/Pid.LL/2018/PN.Tjk.

 

Metode   penelitian,   pendekatan   masalah   menggunakan   pendekatan   yuridis normatif dan pendekatan yuridis empiris. Jenisnya data  yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data yang digunakan data sekunder , data primer data tersier. Pengumpulan data dengan studi pustaka, studi lapangan. Pengolahan data dilakukan antara lain seleksi data dan klasifikasi data, Analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif.

 

Hasil   penelitian   menyimpulkan   bahwa   dasar   pertimbangan   Hakim   dalam memutus perkara melihat dari aspek yuridis, aspek psikologis dan sosiologis dengan memperhatikan dakwaan dari Jaksa Penuntut umum, bukti-bukti dipesidangan, hal  yang memberatkan dan  meringankan terdakwa.  Pelaksanaan putusan pidana pada kasus perkara Nomor 2134/Pid.LL/2018/PN.Tjk. di persidangan telah terbukti bahwa terdakwa secara sah dan meyakinkan telah melanggar ketentuan Pasal 359 KUHP. Majelis Hakim memutus dengan pidana penjara 4 (empat) tahun 3 (tiga) bulan dipotong masa tahanan.

 

Saran terhadap Hakim untuk kedepannya terhadap kasus yang sama agar diberi keringan bagi terdakwa karena itu bukan kesalahan mutlak dari terdakwa melainkan karena kendaraan yang dikendarai terdakwa tidak layak jalan. Bagi intsansi terkait agar memperhatikan lebih serius mengenai kelayakan jalan trasportasi umum.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved