298. PELAKSANAAN PELAYANAN AIR BERSIH DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Jasa Lampung Selatan)

                                                                 

       Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Jasa Merupakan Perusahaan daerah yang bergerak dalam pelayanan penyediaan air minum bagi masyarakat. Pada pelaksanaannya dihadapkan pada kendala yaitru belum optimalnya penerimaan daerah dari PDAM Tirta Jasa. Permasalahan penelitian ini Adalah :1. Bagaimana Peran PDAM Tirta Jasa dalam meningkatkan PAD Kabupaten Lampung selatan  ?

 2. Apakah kendala-kendala yang dihadapi oleh PDAM Tirta Jasa dalam meningkatkan PAD Kabupaten Lampung selatan.

     Pendekatan masalah dengan pendekatan yuridis normatif dan pendekatan yuridis  empiris, jenisnya data yaitu data primer dan sekunder. Sumber data yaitu data , data  sekunder . data primer data tersier.  Pengumpulan data dengan studi pustaka studi lapangan. Pengolahan antar lain seleksi data dan klasifikasi data analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif.

       Hasil Penelitian ini Meninjukan : 1. Peran PDAM Tirta Jasa belum Optimal dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah kabupaten Lampung Selatan periode  tahun 2017-2018, dengan rata-rata 0,80 % dan berada dibawah rata-rata berbagai sumber PAD lain yaitu pajak daerah, retribusi daerah dan BUMD lain serta lain-lain pendapatan yang sah. 2. Faktor-faktor penghambat PDAM Tirta Jasa dalam meningkatkan PAD  adalah : a. Jumlah Pelanggan masih belum memenuhi target  b. kurangnya program pendidikan dan pelatihan.

      Saran, PDAM Tirta Jasa diharapkan dapat meningkatkan kinerja dalam menyumbangkan PAD dengan melakukan perbaikan dan pelayanan kepada pelanggan.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved