152. PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI KONTRIBUSI KOMUNIKASI DAN DISIPLIN KERJA PADA BANK LAMPUNG KANTOR CABANG KOTABUMI


2019

MUHAMMAD TIYAS SAPUTRA



 

Upaya mewujudkan pegawai yang memiliki disiplin kerja dalam melaksanakan tugas-tugasnya, membutuhkan strategi manajemen yang sesuai dengan keadaan setempat serta karakteristik para pegawai yang ada. Selain itu, pendekatan manajemen dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai yaitu dengan memperbaiki komunikasi.

Fakta yang terjadi selama ini, disiplin kerja pegawai pada Bank Lampung Kantor Cabang Kotabumi dapat dikategorikan masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada  rata-rata  kehadiran  pegawai  yang  tidak  tepat  pada  waktu  yang  telah ditetapkan dan atau mengakhiri pekerjaan sebelum waktu yang telah ditetapkan pula.

Berdasarkan pemikiran tersebut maka perlu diadakan penelitian tentang komunikasi dan disiplin yang berkaitan dengan kinerja pegawai. Adapun permasalahannya,  apakah  ada  pengaruh  komunikasi  dan  disiplin  baik  secara partial maupun simultan terhadap kinerja pegawai pada Bank Lampung Kantor Cabang Kotabumi.

Penelitian deskriptif kuantitatif ini termasuk jenis eksplanatori. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas  terdiri dari dua variabel yaitu komunikasi (X1) dan disiplin kerja (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja pegawai. Metode pengumpulan data digunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun populasi yang digunakan adalah 45 orang responden. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan  hasil  penelitian  diperoleh  hasil  bahwa,  komunikasi  dan disiplin  memiliki  pengaruh  terhadap  kinerja  pegawai  dapat  diketahui  dari koefisien  regresi,  yaitu  menunjukkan  bahwa  semakin  baik  komunikasi  dan semakin tinggi disiplin maka semakin tinggi kinerja pegawai pada Bank Lampung Kantor Cabang Kotabumi.

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved