Upaya mewujudkan pegawai yang memiliki disiplin kerja dalam melaksanakan tugas-tugasnya, membutuhkan strategi manajemen yang sesuai dengan keadaan setempat serta karakteristik para pegawai yang ada. Selain itu, pendekatan manajemen dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai yaitu dengan memperbaiki komunikasi.
Fakta yang terjadi selama ini, disiplin kerja pegawai pada Bank Lampung Kantor Cabang Kotabumi dapat dikategorikan masih rendah. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata kehadiran pegawai yang tidak tepat pada waktu yang telah ditetapkan dan atau mengakhiri pekerjaan sebelum waktu yang telah ditetapkan pula.
Berdasarkan pemikiran tersebut maka perlu diadakan penelitian tentang komunikasi dan disiplin yang berkaitan dengan kinerja pegawai. Adapun permasalahannya, apakah ada pengaruh komunikasi dan disiplin baik secara partial maupun simultan terhadap kinerja pegawai pada Bank Lampung Kantor Cabang Kotabumi.
Penelitian deskriptif kuantitatif ini termasuk jenis eksplanatori. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas terdiri dari dua variabel yaitu komunikasi (X1) dan disiplin kerja (X2) serta variabel terikat yaitu kinerja pegawai. Metode pengumpulan data digunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun populasi yang digunakan adalah 45 orang responden. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa, komunikasi dan disiplin memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai dapat diketahui dari koefisien regresi, yaitu menunjukkan bahwa semakin baik komunikasi dan semakin tinggi disiplin maka semakin tinggi kinerja pegawai pada Bank Lampung Kantor Cabang Kotabumi.
©2024 Repository Saburai. All rights reserved