151. PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU

 

Banyak  faktor  yang  mempengeruhi  kinerja  guru  namun  dalam  penelitian  ini penulis meneliti dari factor motivasi dan disiplin kerja, karena berdasarkan hasil observasi di lapangan kedua factor tersebut sesuai dengan keadaan pada objek yang diteliti. Tujuan Penelitiannya yaitu Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh   motivasi   kerja   terhadap   kinerja   guru   di   SMK   Muhammadiyah Pringsewu. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah Pringsewu.

 

Penelitian   yang   dilaksanakan   adalah      jenis   penelitian  expalanatory,   yaitu penelitian yang membahas antar variable penelitian dan menguji hipotesis yang dirumuskan  sebelumnya serta melakukan pengolahan data menggunakan metode survey dan kajian pustaka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, yaitu   penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun juga hubungan antara dua variable atau lebih.penelitian ini menggunakan 35 responden penelitian. ada tiga variable dalam penelitian ini yaitu:2 (dua) Variabel bebas (X1) dan(X2) dan 1(satu) variable terikat dimana motivasi kerja (X1) dan disiplin kerja (X2) sebagai variable bebas dan kinerja guru(Y) sebagai variable terikat.

 

Dari hasil pengolahan data telah berhasil di temukan jawaban hepotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh motivasi kerja(X1) terhadap kinerja guru (Y),dengan tingka tterpengaruh sebesar 13,47%. Terdapat pengaruh disiplin kerja (X2) terhadap kinerja guru (Y),dengan tingkat pengaruh sebesar 16,76%. Terdapat pengaruh  motivasi  kerja  (X1)  dan  disiplin  guru  (X2)  secara  bersama-sama terhadap  kinerja  guru  (Y),  dengan  tingkat  pengaruh  sebesar  32%.  Dengan demikian  Motivasi,   disiplin  kerja   merupakan  variabel  penting   yang  perlu mendapat perhatian dalam rangka meningkatkan kinerja guru SMK Muhammadiyah secara khusus dan semua guru secara umum. Kinerja guru akan dapat meningkat apabila motivasi dan disiplin kerja guru ditingkatkan.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved