150. ANALISIS STRES KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMK NEGERI 1 KALIANDA LAMPUNG SELATAN

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Stres Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Guru Sekolah SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan sebanyak 88 responden. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tingkat setres kerja yang tingi dan motivasi guru yang tendah sehinga berdampak kepada kinerja guru di SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan.

 

Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan linier berganda, uji F, uji t dan uji t sampel independen. Hasil menunjukkan bahwa stres kerja dan motivasi kerja  tidak  berpengaruh  terhadap  kinerja  guru  di  SMK  Negeri  1  Kalianda Lampung Selatan.

 

Hasil analisis data pada variabel stres kerja menunjukkan bahwa nilai sig sebesar  0,026  (lebih  kecil  dari  0,05)  yang  artinya,  stres  kerja  berpengaruh terhadap kinerja. Pada variabel motivasi kerja terhadap kinerja, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja seorang guru berdasarkan hasil uji t yang sudah dilakukan. Untuk motivasi kerja sendiri menunjukkan bahwa nilai sig sebesar 0,443 (lebih besar dari 0,05) yang artinya, motivasi kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja. Sedangkan Stres Kerja dan  Motivasi  Kerja  secara  bersama  berpengaruh  terhadap  kinerja  guru  SMK Negeri 1 Kalianda Lampung Selatan di buktikan dengan nilai sig 0,049 < 0,05. Dengan nilai kontribusi sebesar 0,611 Nilai Adjusted R Square bernilai positif, variabel independen (motivasi kerja dan stres kerja) mampu menjelaskan varians dari variabel dependen sebesar 61,1% , dan sisanya di jelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini


©2024 Repository Saburai. All rights reserved