142. PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEBERMANFAATAN TERHADAP KINERJA OPERATOR SISKEUDES STUDI KASUSKABUPATEN PRINGSEWU


2019

ZAIN KHISWARI



 

Desa merupakan gambaran dari kesatuan masyarakat hukum terkecil yang sudah ada lalu tumbuh dan berkembang bersamaan dengan sejarah kehidupan masyarakat Indonesia. Dan kini, pemerintah Indonesia terus berusaha dalam meningkatan pelaksanaan Pembangunan Nasional dengan harapan agar laju pembangunan di kota dan desa semakin seimbang dan serasi. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. melahirkan suatu program baru yang disebut Dana Desa, dengan alokasi dana yang begitu besar dan harus disertai dengan tanggung jawab yang besar pula. Salah satu program aplikasi untuk menunjang hal tersebut adalah adanya Aplikasi Siskuedes dan Sipede. Pelaksana dari aplikasi tersebut adalah Operator.

Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan mengolah data-data yang diperoleh dari kuesioner setelah terlebih dahulu ditransformasikan ke dalam bentuk data numerik (angka) dengan menggunakan skala likert. Analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan linier berganda.

Dari hasil tabel ANOVA menunjukkan bahwa Nilai uji F atau uji bersama-sama adalah 14.829 sedangkan Sig. Regression=0,006 yang<alpha 0,05. Berarti Hipotesis Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kebermanfaatan berpengaruh terhadap Kinerja Operator Siskeudes adalah benar dan ”dapat diterima. Uji t (parsial) menunjukkan bahwa nilai R= 0,405 yang artinya hubungan antara Persepsi Kemudahan dengan Kinerja Operator Siskeudes adalah 40,5%. Kemudian nilai R Square= 0,164 mempunyai arti bahwa Kinerja Operator Siskeudes dipengaruhi 16,4 %, selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan Persepsi Kemudahan menunjukkan bahwa nilai R= 0,507 yang artinya hubungan antara Persepsi Kebermanfaatan dengan Kinerja Operator Siskeudes adalah 50,7%. Kemudian nilai R Square= 0,257 mempunyai arti bahwa Kinerja Operator Siskeudes dipengaruhi 25,7 %  oleh faktor Persepsi Kebermanfaatan dan selebihnya  dipengaruhi faktor yang lain.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved