134. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MANAJEMEN SUMBERDAYA MANUSIA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 KALIREJO LAMPUNG TENGAH

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menyatakan bahwa masalah mendasar yang sering dihadapi lembaga, yaitu bagaimana mengelola sumber daya manusia untuk melakukan tugas dengan sebaik-baiknya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan Tentunya pengelolan sumber daya manusia tidak terlepas dari kepala sekolah. Di mana kepala sekolah harus mampu mengelola sumber daya manusia dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah tehadap mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah?, (2) Bagaimana Pengaruh manajemn sumberdaya manusia tehadap mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah? (3) Bagaimana Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan manajemn sumberdaya manusia tehadap mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah?

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai pengaruh gaya pemimpin terhadap mutu pendidikan SMA Negeri 1 Kalirejo, Untuk pengaruh sumber daya manusia terhadap mutu pendidikan SMA Negeri 1 Kalirejo dan Untuk gaya pemimpinan dan sumber daya manusia secara bersama-sama berpengaruh terhadap mutu pendidikan SMA Negeri 1 Kalirejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan sampel 60 reponden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket, teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linear sederhana dan berganda, uji hipotesis, dan analisis koefisien determinasi menggunakan SPSS 20.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel gaya pemimpin  berpengaruh terhadap mutu pendidikan dan variabel sumber daya manusia berpengaruh terhadap mutu pendidikan. Hasil analisis menggunakan uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama, variabel X1 dan x2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan SMA Negeri 1 Kalirejo.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved