130. PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN NEGERI BESAR KABUPATEN WAY KANAN

 

Meningkatkankinerjapegawaitentunyabukanmerupakansuatuhal yang mudahuntukdilaksanakankarenabanyaksekalifaktor-faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktortersebutdapatberupafaktorfisikdanfaktor non fisik, faktorfisikberupasaranadanprasaranakerja, kompensasi, lingkungankerjadansebagainya, sedangkanfaktor non fisikberupadisiplin dari organisasi itu sendiri.

Berdasarkanpengamatanawal, masihdirasakanasumsi yang negatiftentangpegawainegerisipilyaitu, kalauseringterlambattidakakanmendapatsanksi, kalaujarangbekerjagajijalanterusdansebagainya.Persepsiinidiakuibanyakmempengaruhipegawai, sehinggaapabilakesalahanseperti yang disebutkandiatasakhirnyadianggapbiasadandapatdisebutmenjadibudaya. Untukitudibutuhkanpenanganantertentu agar kegiataninitidakberlanjutterusmenerus, karenasudahtentuiniakanmerugikanorganisasi.

Tesis ini melakukan penelitian tentang disiplin dan motivasi kerja kaitannya dengan kinerja pegawai. Adapun rumusan masalahnya adalah apakahadapengaruhdisiplindanMotivasi kerjasecarasendiri-sendiri atau bersama-samaterhadapkinerjapegawaidi Kantor KecamatanNegeriBesarKabupaten Way Kanan. Dengan tujuan ingin mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantatif, dengan variabel bebas yaitu Disiplin (X1) dan Motivasi Kerja (X2) sedangkan yang dimaksudkan dengan variabel terikat yaitu kinerjapegawai (Y). Metode pengumpulan data berdasarkan sumbernya menggunakan data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi : observasi, kuesioner, dokumentasi dan interview.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruhdisiplindanmotivasi kerjasecarasendiri-sendiri atau bersama-samaterhadapkinerjapegawaipadaKantor KecamatanNegeriBesarKabupaten Way Kanan. Hal ini dibuktikan apabila terjadi peningkatan disiplin dan motivasi kerja maka akan terjadi pula peningkatan kinerja pegawai, begitu pula sebaliknya. Sehingga dalam rangka peningkatkan kinerja perlu memperhatikan kontribusi variabel disiplin dan motivasi kerja.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved