128. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN WAY KANAN

 

 

Fakta yang dapat digambarkan   di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Way Kanan  adalah  pegawai dalam melaksanakan kegiatan kurang antusias dan terkesan kurang semangat dan tanggung jawab terhadap hasil kerjanya. Selain itu, tingkat kehadiran pegawai di kantor belum maksimal, di samping adanya  beberapa pegawai yang terlambat hadir menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai terhadap instansi  masih  rendah.  Bila pegawai tidak bisa meningkatkan   kinerjanya   melalui disiplin  kerja  dan  budaya  organisasi,  berarti  kinerja  pegawai  cenderung  rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi    dan disiplin kerja     terhadap kinerja .  Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh budaya organisasi    dan disiplin kerja baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja.

Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 32 pegawai. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi  21.0  meliputi  perhitungan  uji  validitas,  uji  reliabilitas,  uji  regresi  dan  uji koefisien determinasi.

Hasil pengujian hipotesis pengaruh budaya organisasi    terhadap kinerja secara parsial menunjukkan pengaruh positif    dengan kontribusi sebesar 63,8%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil disiplin kerja     berpengaruh positif terhadap  kinerja  dengan  kontribusi  sebesar  18,2%.     Pengujian  hipotesis  secara simultan menunjukkan  budaya organisasi    dan disiplin kerja secara bersama-sama berpengaruh   secara  positif  terhadap   kinerja  dengan  kontribusi   sebesar  64,5%, sedangkan sisanya sebesar 61,8% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved