127. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU PADA SD NEGERI 3 WARGOMULYO KECAMATAN PARDASUKA KABUPATEN PRINGSEWU

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan komunikasi terhadap kinerja guru pada SD Negeri 3 Wargomulyo Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu.

Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory. Penelitian ini menggunakan 56 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1  dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana gaya kepemimpinan (X1) dan komunikasi (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan analisis data telah ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan (X1) terhadap kinerja guru (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 50.6%. Terdapat pengaruh komunikasi (X2) terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 47.3%. Terdapat pengaruh gaya kepemimpinan (X1) dan komunikasi (X2) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 67.5%.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved