124. PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMPN SE-KOTA BANDAR LAMPUNG


2019

NI KOMANG SUHADNYANI



 

Fenomena   yang   terlihat   di   SMPN   Se-Kota   Bandar   Lampung   adalah rendahnya  kinerja guru khususnya  mata pelajaran  Ilmu Pengetahuan  Sosial (IPS), yang diindikasikan merupakan dampak dari lemahnya motivasi dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi    dan kompetensi guru terhadap kinerja guru.   Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh motivasi dan kompetensi guru   baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru.

Sampel  yang  digunakan   pada  penelitian   ini  berjumlah   27  guru.  Teknik

pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi  21.0  meliputi  perhitungan  uji  validitas,  uji  reliabilitas,  uji  regresi  dan  uji koefisien determinasi.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  secara  parsial  motivasi  berpengaruh positif  terhadap  kinerja  guru  dengan  kontribusi  sebesar  63,9%,  kompetensi  guru secara parsial berpengaruh positif   terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar

35%.   Pengujian  hipotesis secara simultan  menunjukkan  motivasi dan kompetensi

guru secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 66,4%, sedangkan sisanya sebesar 33,6% merupakan variasi perubahan variabel lain di luar penelitian .

Implikasi  yang  dapat  disampaikan  dalam  penelitian  ini  adalah:  seharusnya

seorang guru menyadari bahwa profesi guru bukanlah hanya sebatas menyampaikan materi ajar, namun lebih jauh lagi adalah membentuk karakter siswa, sehingga dapat dikatakan pemenuhan semua jenis kompetensi guru tersebut merupakan sarana untuk menyempurnakan kemampuan seorang guru dalam mengemban tugas dan tanggung jawab  profesi;  guru  seharusnya  didorong  untuk  selalu  mengembangkan kemampuannya seiring dengan percepatan dinamika sosial yang berlaku khususnya di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi; perlu diberi pemahaman kepada guru agar dapat memanfaatkan waktu kerja semaksimal mungkin.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved