116. Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan

 

Sumber daya manusia yang dapat dikelola secara maksimal tentu akan besar manfaatnya bagi perkembangan pembangunan nasional.  Pada dasarnya untuk menciptakan  kondisi tersebut  diperlukan adanya lingkungan kerja yang mendukung  pendukung seperti sarana prasarana yang baik dan juga pendidikan dan pelatihan, menambah keterampilan serta yang tidak kalah penting menempatkan pegawai sesuai dengan keahliannya dan  pemberian Motivasi oleh Pimpinan.

Tesis ini melakukan penelitian tentang lingkungan kerja dan motivasi kerja kaitannya dengan kinerja pegawai. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja secara sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan. Dengan tujuan ingin mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerjaterhadap kinerja.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantatif, dengan variabel bebas yaitu motivasi kerja (X1) dan lingkungan kerja (X2) sedangkan yang dimaksudkan dengan variabel terikat yaitu kinerja  pegawai (Y). Metode pengumpulan data berdasarkan sumbernya menggunakan data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan yang meliputi : observasi, kuesioner, dokumentasi dan interview.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada pengaruh lingkungan kerja dan motivasi kerja secara sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap kinerja pegawai padaKantor Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan. Hal ini dibuktikan apabila terjadi peningkatan lingkungan kerja dan motivasi kerja maka akan terjadi pula peningkatan kinerja pegawai, begitu pula sebaliknya. Sehingga dalam rangka peningkatkan kinerja perlu memperhatikan kontribusi variabel lingkungan kerja dan motivasi kerja.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved