115. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BONGKAR MUAT DAN TANGGUNG JAWAB PETUGAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI JASA DI KANTOR KESYAHBADARAN DAN OTORITAS PELABUHAN KELAS IV BAKAUHENI LAMPUNG SELATAN

 

Kesyahbadaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Bakauheni merupakan   mitra dari   Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bersipat swasta yang bergerak di bidang jasa kepelabuhan yang menyediakan sarana dan prasarana bongkar muat. Salah satu strategi yang dapat menunjang keberhasilan dalam bisnis adalah perusahaan  mampu  memberikan  kualitas  pelayanan  yang  optimal,  sehingga mampu  memenangkan  persaingan  yang pada  akhirnya  akan  memperoleh  laba yang maksimal.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan tanggung jawab terhadap kepuasan pelanggan Kantor Kesyahbadaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Bakauheni. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan bongkar muat dan pegawai pada Kantor Kesyahbadaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Bakauheni Tahun 2019. Data primer dikumpulkan melalui  penyebaran  kuesioner  dan  wawancara,.  Penelitian  ini  menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana dan berganda.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  kepuasan  tamu.  Dengan  nilai koefisien determinasi dapat dilihat dari Adjusted R Square sebesar 0,658 berarti

65,8% variabel kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan dan tanggung jawab. Sedangkan selisihnya 34,2% lainnya dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved