112. PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA PUSKESMAS RAWAT INAP SATELIT KOTA BANDAR LAMPUNG

 

Kinerja pegawai  merupakan  masalah  yang sangat  penting bagi  sebuah organisasi. Kinerja pegawai yang tinggi sangat diperlukan dalam setiap usaha kerjasama pegawai untuk tujuan organisasi. Penilaian kinerja pegawai akan memberikan dorongan kepada bawahan untuk pengembangan diri para pegawai tersebut dan menjadi motivasi bagi para pegawai lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Rawat Inap Satelit Kota Bandar Lampung.

Penelitian yang akan dilaksanakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan 38 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1  dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana sebagai variabel bebas gaya kepemimpinan (X1) dengan instrumen pernyataan sebanyak 15 instrumen dan motivasi kerja (X2) dengan instrumen pernyataan sebanyak 15 instrumen serta kinerja pegawai (Y) sebagai variabel terikat dengan instrumen pernyataan sebanyak 15 instrumen.

Berdasarkan analisis serta olah data yang telah dilakukan sehingga dapat ditemukan jawaban hipotesis yaitu: Terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 59,4%. Terdapat pengaruh antara motivasi kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 15,6%. Terdapat pengaruh antara gaya kepemimpinan (X1), motivasi kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 20,3%.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved