111. PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN PESAWARAN

 

Keberadaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi merupakan aset yang berharga bagi organisasi itu sendiri. Keberhasilan suatu organisasi ditentukan dari kualitas orang-orang yang berada di dalamnya. Sumber daya manusia akan bekerja secara optimal jika organisasi dapat mendukung kemajuan karir mereka dengan melihat apa sebenarnya kompetensi mereka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengembangan sumber daya manusia dan motivasi kerja terhadap kualitas SDM pada Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran.

Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory. Penelitian ini menggunakan 36 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana pengembangan sumber daya manusia (X1) dan Motivasi Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kualitas SDM (Y) sebagai variabel terikat.

Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Pengembangan SDM (X1) terhadap kualitas SDM (Y), dengan tingkat pengaruh (R2) sebesar 44,6%. Terdapat pengaruh Motivasi Kerja (X2) terhadap kualitas SDM (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 33,93%. Terdapat pengaruh pengembangan sumber daya manusia (X1) dan motivasi kerja (X2) secara bersama-sama terhadap kualitas SDM (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 53,3%.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved