110. PENGARUH DISIPLIN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN PESAWARAN

 

 

Kinerja pegawai di dalam suatu organisasi selalu diharapkan bisa semaksimal mungkin baik secara kualitas maupun kuantitasnya, dan untuk  mendapatkan hasil itu haruslah  didukung  dengan  penetapan tujuan serta diawali dengan perencanaan kerja yang rasional. Menurut para ahli manajemen  faktor yang turut mempengaruhi kinerja adalah  disiplin  kerja dan sarana  prasarana.  Fenomena yang terjadi di Dinas Perhubungan   Kabupaten   Pesawaran,   yaitu   kehadiran       pegawai   yang   rendah menunjukkan bahwa disiplin kerja pegawai rendah. Selain itu sarana prasarana juga kurang   mendukung   aktivitas   pegawai,   hal  ini  ditunjukkan   dengan  keterbatasan kendaraan dinas     yang tidak sesuai dengan wilayah kerja. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja    dan sarana prasarana   terhadap kinerja. Hipotesis  pada  penelitian  ini  adalah  ada  pengaruh  disiplin  kerja       dan  sarana prasarana  baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja .

Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 56 pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0. dengan output perhitungan uji validitas, reliabilitas, regresi linier dan uji koefisien determinasi.

Hasil pengujian  hipotesis  pengaruh  disiplin   kerja     terhadap  kinerja   secara parsial menunjukkan  pengaruh positif dengan kontribusi sebesar 31,8%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil sarana prasarana  berpengaruh positif terhadap  kinerja    dengan  kontribusi  sebesar  32,3%.    Pengujian  hipotesis  secara simultan  menunjukkan  disiplin  kerja     dan sarana prasarana  secara bersama-sama berpengaruh   secara  positif   terhadap   kinerja     dengan  kontribusi   sebesar   42%, sedangkan sisanya sebesar 58% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved