107. PENGARUH SEMANGAT KERJA DAN BUDAYA KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERHUBUNNGAN KABUPATEN LAMPUNG TENGAH


2020

CHITRA CHANTIKA



 

Manajemen sumber daya manusia harus diimplementasikan secara optimal untuk mengelola sumber daya manusianya agar tetap eksis dalam persaingan global dewasa ini. Karena tentu saja, suatu organisasi yang memiliki manajemen sumber daya manusia yang baik akan memiliki kekuatan kompetitif dan akan menjadi organisasi yang sulit ditiru. Peningkatan  semangat  kerja  sangat  besar  pengaruhnya  terhadap  peningkatan  prestasi kerja  karena  dengan  semangat  kerja  yang  tinggi  akan  dapat  memberikan  kontribusi positif bagi kinerja perusahaan. Upaya peningkatan semangat kerja bagi pekerja bukanlah hal yang mudah,   karena   itu   pemimpin   dituntut   untuk   mampu   terlibat   secara langsung  dengan bawahannya.

 

Penelitian yang akan dilaksanakan jenis Penelitian Deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bermaksud  membuat  pemaparan secara sistimatis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat  populasi tertentu.  Penelitian ini menggunakan 33 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Semangat Kerja (X1) dan Budaya Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat.

 

Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Semangat Kerja (X1) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 95,9% yang berarti Semangat Kerja memberikan pengaruh sebesar 95,9% terhadap kinerja pegawai. Terdapat pengaruh antarabudaya kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 91,3% yang berarti bahwa  budaya kerja  memberikan pengaruh  sebesar  91,3% terhadap  kinerja pegawai. Terdapat  pengaruh  antara  Semangat  Kerja  (X1),  budaya  kerja  (X2)  dengan  Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 95,9% yang berarti bahwa Semangat Kerja dan budaya kerja memberikan pengaruh sebesar 95,9% terhadap kinerja pegawai.

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved