281. ALUMINIUM SKRAP SEBAGAI BAHAN BAKU PENGECORAN LOGAM NON FERRO MELALUI PERLAKUAN KEKUATAN DENGAN UJI KEKERASAN DAN UJI TARIK

 

Aluminium adalah logam unsur kimia yang secara luas banyak digunakan di seluruh dunia untuk berbagai produk hingga peralatan rumah tangga. Pada penelitian ini aluminium dihasilkan melalui proses pengecoran(casting) menggunakan cetakan besi tahan panas tinggi yang dibentu persegi panjang, di mana pada proses ini peralatan yang sangat sederhana dan biaya rendah. Adapun temuan ataupun perbedaan   pada pross   pengcoran yang murni menggunakan aluminium scrap atau berbahan rongsok,   dan aluminium murni bahan rongsok yang di campur dengan obat freezer. Jika yang di cor murni berbahan rongsok maka kotoran ataupun kerak yang menyatu pada aluminium akan sulit dibuang, dan  warna  hasil  pengecoranpun  akan  kusam  dan  terkesan  kotor.  Namun aluminium tersebut tetap kuat. Lain halnya dengan dan aluminium murni bahan rongsok yang di campur limbah piston..

 

Pengecoran aluminium yang dicampur dengan freezer, kotoran dan kerak yang menyatu pada aluminium saat mencair akan terpisah dari aluminium, dan tentu sangat mudah untuk membuang kotoran-kotoran tersebut. Kemudian warna dari hasil pengecoran aluminium akan lebih mengkilat dan menarik dan terkesan seperti baru. Namun dari segi kekuatan, aluminium tersebut tidak kuat mudah patah dan pecah.

 

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved