280. ANALISIS DRAINASE JALAN LINTAS BARAT DESA BIHA KABUPATEN PESISIR BARAT


2019

KHAIDI SYAFUTRA



Kondisi drainase yang belum memadai pada Jalan Lintas Barat Kabupaten Pesisir Barat padahal jalan tersebut merupakan arus perlintasan masyarakat Lampung, sehingga pada saat musim penghujan mengakibatkan genangan-genangan di beberapa titik dan terparah adalah genangan di Jalan Lintas Barat Desa Biha Kabupaten Pesisir Barat yang cukup dalam.

Siklus air atau siklus hidrologi adalah sirkulasi air atau perjalanan air yang tidak pernah berhenti dari atmosfer (ruang udara) ke bumi dan kembali lagi ke atmosfir. Di darat air mengalir baik di permukaan bumi maupun di dalam bumi (ruang darat) menuju laut (ruang laut) secara terus menerus dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah secara gravitasi.

Lokasi Penelitian terletak di Jalan Lintas Barat Desa Biha   Kabupaten Pesisir Barat. Mendesain penampang rencana drainase didasarkan atas data-data hidrologi sehinggar rencana dimensi  drainase memenuhi    debit  yang masuk  ke  saluran tersebut

Dari data/pengamatan intensitas hujan harian di Jalan Lintas Barat Desa Biha Kabupaten  Pesisir  Barat  diketahui  curah  hujannya   yang  besar.  Kemudian dianalisis desain saluran drainasenya, kapasitas saluran drainase dan kapaistas saluran eksisting.

Setelah dianalisis jalan tersebut ditemukan drainase pada Desa Biha Kabupaten Pesisir Barat tidak layak.Perlu dilakukan pemantauan dan perawatan terhadap saluran drainase secara berkala 6 bulan sekali

 

 


©2024 Repository Saburai. All rights reserved