277. EVALUASI TATA LETAK (LAY OUT) DAN PENATAAN RUANG PARKIR KENDARAAN PADA KAMPUS USBRJ LAMPUNG

 

Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai  (USBRJ) biasa disebut Univeritas Saburai terdiri dari 4 fakultas yakni fakultas ekonomi, fakultas teknik, hukum dan ilmu sosial & politik  serta satu program pasca sarjana magister manajemen (MM). Universitas Saburai memiliki luas lahan parkir sepeda motor dan mobil seluas 4.269 m2. Universitas Saburai selalu berbenah dengan pembangunan sarana dan prasarana yang menjadi daya tarik minat mahasiswa setiap tahunnya. Dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa, secara otomatis kepemilikan kendaraan sepeda motor semakin bertambah. Hal ini yang menyebabkan Universitas Saburai harus memiliki Data Base Tata Letak (Lay Out) dan fasilitas untuk menunjang jalannya akademik tersebut dengan penataan ruang parkir kendaraan.

Penelitian ini, diharapkan mampu untuk  menganalisis tentang perencanaan kawasan kampus (Lay Out) serta kapasitas tata ruang parkir di Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai (USBRJ) Lampung yang selama ini belum pernah dilakukan semenjak kampus ini berdiri dan melakukan aktivitas belajar-mengajar yang memenuhi harapan institusi pengelola kampus. Penelitian dilakasanakan dengan melalukan survey pengambilan data jumlah kendaraan, baik kendaraan roda 4 maupun kendaraan roda 2 yang masuk dan parkir di Universitas Saburai.

 

Berdasarkan hasil analisis data serta gambaran beberapa tahun kedepan penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kinerja ruang parkir untuk kondisi sekarang kurang memenuhi dengan pengguna yang ada. Hal ini bisa dilihat dari kondisi faktual sekarang ini. Maka perlu adanya penataan ruang parkir yang ada serta pembenahan lahan dalam pengaturan ruang parkir.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved