275. ANALISA POLA ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN NASIONAL PROVINSI LAMPUNG


2019

HENTON PRIASEP



 

Perbedaan asal tujuan perjalanan mengakibatkan perbedaan volume dan pola waktu terjadinya pergerakan pada ruas jalan. Sepanjang hari pada ruas jalan terjadi fluktuasi arus lalu lintas, seperti menjadi padat pada jam-jam tertentu dan lengang pada saat lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Analisa Pola Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Nasional Provinsi Lampung.

Penelitian yang dilakukan yaitu berupa survei volume lalu lintas (LHR) untuk melihat tingkat  kepadatan  kendaraan,  kemudian  survei  geometrik  jalan  berupa  pengukuran  lebar jalan.  Penelitian dilakukan pada jalan Soekarno Hatta, Kalianda Lampung Selatan (Depan Polisi Sektor Kalianda), jalan Soekarno Hattta, Panjang Bandar Lampung   (Simpang PJR Panjang), dan Jalan Negara Lampung Tengah (Simpang Terbanggi Besar).

Berdasarkan hasil perhitungan, Analisa Pola Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Nasional  Provinsi  Lampung pada setiap  arah  dan  ruas  jalan  memiliki jam  puncak  yang bervariasi tergantung pada hari dan jenis aktivtas tata guna lahan yang dihubungkan, dimana pada hari kerja jam puncak terjadi pada pukul 07.00 hingga pukul 08.00 dan pada sore hari terjadi pada pukul 16.00 hingga pukul 17.00. Pada hari minggu jam puncak terjadi lebih bervariasi. Untuk Menghindari ruas-ruas jalan utama untuk mencapai tujuan perjalanan pada saat  terjadinya jam  puncak  merupakan  hal  yang dapat  dipilih  oleh pemakai  jalan  untuk mengurangi kemacetan dan menghemat waktu.


©2024 Repository Saburai. All rights reserved